Makanan Musim Gugur Yang Endeus di Korea

Gw yakin, salah satu yang bikin orang-orang tertarik ke Korea itu gara-gara makanannya yang bikin ngiler tiap muncul di drama atau variety show.

Nah, mereka punya tuh makanan khas musim gugur yang bisa dicoba kalau emang ngepas banget sama timing-nya.

Jamur Pinus

1426100_1_118
Jamur ini dipanen tiap musim gugur dan dianggap seperti berlian di hutan karena kaya nutrisi. Jamur ini mahal soalnya enggak bisa ditanam sendiri, cuma bisa ditemukan di alam liar. Cara makannya sih gampang, cukup diiris dan dibakar sebentar, atau dimasak bareng daging sapi atau abalone.

Rajungan Biru

1426100_1_115
Kepiting biru alias rajungan biru alias blue crab. Sungguh ku belum pernah coba, tapi pengin banget ya soalnya tiap ke Aceh aja kan otomatis kalau mesen mie goreng harus pakai kepiting (abis itu nyesel karena makannya ribet wakaka).

Ada macem-macem masakan, bisa jadi sup kepiting pedas (kayaknya mantep kalo ditambah nasi), atau sekadar dikukus dan dimakan begitu saja. Yang pasti paling enak makan kepiting yang segar ya. Sebagai anak Jakarta, bisa dapat makanan laut yang segar adalah sebuah kemewahan.

Udang jumbo

1426100_1_116
Ini juga merupakan cobaan bagi pencinta makanan laut untuk tidak kalap melahap sebanyak-banyaknya. Udang jumbo ini bisa direbus, dikukus atau digoreng (yum!) terus dimakan langsung atau dicocol ke sambel ala Korea, pasta cabe + cuka.

Buah kesemek

wild-persimmon-1727097_960_720
Ini buah yang eksis saat musim gugur, enggak cuma di Korea sih. Warnanya cakep, oranye terang. Buah kesemek bisa dimakan langsung, atau dibekuin terus dimakan kayak es krim. Kalau nemu kesemek di Korea, langsung aja beli soalnya kita susah nyarinya di warung Indonesia.

Ikan selangat

1426100_1_117
Alias gizzard shad. Katanya bulan terbaik makan ikan ini adalah pada akhir September sampai pertengahan November. Makin besar ukurannya, makin banyak kandungan lemaknya, makin enak rasanya.

Ikan ini bisa dimakan mentah kayak sashimi, tapi harus dipotong tipis terus dibungkus dalam selada dan dibumbui dengan saus cabai dan bawang putih. Tapi kalau enggak suka yang mentah, ikan selangat juga enak buat dibakar dengan bumbu garam.

Ubi kukus
Makanan kek begini cocok banget kan buat dingin-dingin kayak musim gugur. Biasanya bisa ditemuin di pasar malam atau pinggir jalan. #AkuDanKorea #KeKoreaAja

 

Tinggalkan komentar