Green Tour Cappadocia

Bagian dari kelas menengah seperti gw males ngikut tur kalo lagi liburan. Kenapa? Mahal dan tidak bebas! Yang pertama itu penting sih. Hehe. Tetapi prinsip ini tidak bisa diterapkan di Cappadocia jika lo enggak nyewa mobil. Tempatnya emang antah berantah gitu, jadi kalau mau eksplorasi ya harus ngemodal pake mobil, entah itu naik taksi, sewa…

Left Out

Agak susah buat gw untuk diam dan tidak berbagi informasi apa pun pada teman. Rasanya pengen terus cerita aja gitu, entah ini bawaan anak bungsu yang kerjaannya ngebacot terus ditanggepin ama ortu, kakak-kakak dan anggota-anggota keluarga lainnya, jadi kebawa pas udah gede. Alhasil, gw juga jadi pengen tahu ada apa sih sama teman-teman gw. Gimana…

Alternatif di Cappadocia, Nonton Balon Udara Gratis!

Balon udara adalah keniscayaan bila berkunjung ke Cappadocia. Tapi kalo sobat hemat males ngeluarin duit buat naik, sekadar ngeliat aja juga puas kok. Ada dua cara, hiking ke bukit (banyak yang melakukan hal itu) atau cari penginapan yang punya rooftop buat menatap matahari terbit dengan langit berlatar balon udara di mana-mana.     Ada penginapan-penginapan…

Petualangan Pendekar Tongkat Narsis di Sumba

Baru nyadar kalau gw belum update cerita liburan di Sumba EMPAT TAHUN LALU. OEMJI! Jadi, jalan-jalan ke Sumba itu tak lain dan tak bukan atas hadiah dari Miles Film karena tulisan gw menang lomba gitu lah. Uhuy. Makasih Miles! Tanpamu ku takkan rela mengeluarkan uang tiket ke Sumba yang harganya sama kayak ke Jepang (naik…

Di Balik Liputan Japajes Yang Hore-Hore

Sepuluh tahun lalu mungkin gue akan jingkrak-jingkrak kesenangan dapat akses ke Japajes. Tapi setelah beberapa kali liputan dari sore sampai pagi buta, bolak-balik Kemayoran ke Jakarta Timur, bangun kesiangan, sorenya berangkat lagi ke Kemayoran, dan siklus itu berulang tiga kali, hasilnya adalah mengeratkan persahabatan dengan Tolak Angin. Untung aja yang ditugasin liputan Japajes selalu bergantian,…