How I Met ARASHI (in person) – Jet Storm in Jakarta

10 November 2019

Pagi-pagi langsung doki-doki. Sempat galau mau bawa laptop gak ya, biar apa yang mereka omongin langsung gw ketik. Rizu dan PW sarapan, gw mandi dan nyiapin draft berita biar kerjaan langsung kelar.

Teman gw yang dari Bogor sudah hampir tiba (dia berangkat dari rumah subuh) ke venue, gw pun langsung turun ke lobi dan registrasi. Kita ternyata harus nunggu 30 menit sampai ruangan dibuka. Gw sungguh cemas banget karena ngincer kursi paling depan dan bagian tengah. Meanwhile, gw ngehubungin (neror) di mana gerangan fotografer, untung dia sudah datang. Oke, aman.

Kata teman gw yang dari Bogor, “Kok gw ikut deg-degan sih!” ngeliat gw yang jiwanya udah kayak setengah melayang. Hahaha. Teman yang yang lain ngajak ngobrol, langsung gw stop, “Please, gw kayaknya gak bisa diajak mikir sampai acara ini selesai.”

Pintu akhirnya dibuka dan gw langsung menyerbu bagai ibu-ibu ngantre diskonan Ikea. YESSS DAPAT TEMPAT PALING DEPAN.

Tas 5×20 sudah gw siapkan agar terjembreng nyata di depan mata Arashi, tapi ternyata spot-spot di depan gw diisi oleh fotografer. Untungnya lagi, karena teman fotografer gw datang paling pagi, dia dapat spot termantap di tengah-tengah depan.

“PLIS FOTOIN YANG CAKEP-CAKEP YA, SATU-SATU, BERDUA, BERTIGA SEMUA, POKOKNYA YANG BANYAK,” pesan gw.

Lagu “Turning Up” berkumandang. Gw udah cengar-cengir aja. Kamera saku gw kasih ke Nisha di sebelah kiri, dia akan ngambil video. Hanna di sebelah kanan sudah mempersiapkan kamera SLR untuk ngerekam video. Gw mempersiapkan stabilizer dan iPhone untuk merekam video juga. Harus banyak sumbernya biar bisa dari berbagai angle.

Untung aja gw minta bantuan teman-teman, soalnya ada fotografer official yang posisinya persis ngalangin pandangan (kamera) gw mulu. Sementara gw gak mau ngangkat kamera tinggi karena (1) mau sambil fokus ngeliat dan (2) gak mau ganggu pandangan orang di belakang.

Kursi untuk penggemar ditaro di paling belakang, huhuhu. Harusnya ada layar gede kayak konser jadi mereka bisa lihat jelas juga sih. Sayang banget, apa yang dipraktikkan EO di Bangkok, Taipei dan Singapura yang lebih mengakomodasi kebutuhan fans gak terjadi di Jakarta.

sho-sakurai-ohno-satosho

Ketika jam sudah menunjukkan 08.01 (telat semenit), Hiroaki Kato yang jadi MC dan penerjemah mulai kasak-kusuk, gw langsung mempersiapkan hati.

BTW Hiroaki Kato yang biasanya santai kalau bawain acara jadi formal dan kaku banget, berasa MC kondangan gitu, hehehe. Mungkin emang dari Jonis-nya harus begitu, entahlah.

Lalu mereka dipanggil dan masuk satu persatu. Sho, Ohno, Jun, Aiba, Nino.

 

 

 

 

 

 

Wah… Gw cuma bisa bilang “Masya Allah” sambil menahan diri gak ikut teriak. Penggemar di Jakarta juga teriaknya gak terlalu histeris, pada sopan gitu deh biar preskon berjalan lancar. KALIAN HEBAT!

Karena udah mengaktifkan mode kerja, jadi harus waras juga untuk memastikan hasil video gak goyang-goyang dan bagus.

Rasanya surreal banget sih bisa ngeliat mereka dari jarak terdekat selama 30 menit lebih. Kayaknya mata gw sebegitu seram (melotot) jadi mereka pada buang muka tiap tatapan kami bersirobok. HAHAHAH. Padahal Yuni udah ngingetin buat gw kontrol ekspresi karena muka gw yang biasa aja matanya udah serem.

sho-sakurai2

 

sho-sakurai3

Jun dan Sho bener-bener melayangkan pandangan ke penggemar di belakang, Ohno lebih kayak ngantuk-ngantuk bengong, Aiba sih emang selalu ceria dan gw merasa paling bisa kontak mata sama Nino. Gw udah komat-kamit “Ninoo Ninoo” tapi dia kayaknya cuekin aja. Takut kali sama gw, WAKAKA.

ninomiya-kazunari3

ninomiya-kazunari2

BTW, tas 5×20 udah gw pangku, gw pegang sedemikian rupa biar bisa diliat sama mereka. Biar tahu aja, wartawan juga ada yang ngefans hahaha.

Nisha yang sama sekali gak ngefans sama Arashi beberapa kali ngomong, “Jun cakep banget yak!!”.

IYA BANGET NIIIS.

Karena berasa setengah mimpi, gw tuh cuma bisa berusaha merekam semua yang gw lihat agar terukir dalam ingatan dan otak jangka panjang. Kadang gw gak inget detil kecil kayak “Jun minum mulu deh, Sho juga” yang disebut Nisha usai acara.

Gw cuma ingat kalau mereka semua JAUH LEBIH CAKEP SAAT DILIHAT LANGSUNG ketimbang di foto dan video. Itu garis hidungnya Sho dari samping gemesin banget deh. Dia kadang masih mendengus-dengus kayak bajing, kebiasaan lama.

IMG_9235 copy

Ohno paling kocak pas ngomentarin “Jakarta panas banget ya!” dan ketika kaget orang-orang di ruangan itu ngerti bahasa Jepang meski belum diterjemahin.

Sho juga kaget. Pengen gw bilang “MAKANYA BANG MAIN KEMARI DARI DULU DOOOONG”.

satoshi-ohno3

satoshi-ohno2

Jun keliatan banget sih pengen bener-bener “merangkul” penggemar yang di belakang. Tatapannya ke belakang melulu.

Nino, maaf ya kalau lo jadi takut sama gw yang gak berhenti menatap secara intens. Haha. Nino gak sepucat yang gw ingat pas lagi konser Sapporo 2018. Tapi dia mungil banget pas bersanding di samping Aiba.

Aiba tentu saja paling ramah, melambaikan tangan pas denger ada yang nyaut Konnichiwa dari belakang.

Inti dari pertemuan kemarin adalah.

1. Arashi datang, mengucapkan salam dalam bahasa Indonesia “Senang bertemu dengan Anda” tapi karena ada yang messed up jadi agak bingung. Gw baru ngeh mereka ngomong apa pas lihat gerak bibir Sho di video.

2. Masing-masing perkenalan pakai bahasa Indonesia. Nino ngomong dengan logat mirip bahasa Sunda pas nyebut “Kazunariii'”.

 

3. Sho ngomong pakai bahasa Inggris “akhirnya datang ke Jakarta”. Terpukau bener gw, bisa lah kita komunikasi ntar kapan-kapan ya sebagai peliput Olimpiade misalnya atau nanti abis Arashi hiatus terus ketemu di event-event dunia sebagai wartawan. (AMIN).

4. Masing-masing kasih kata sambutan dalam bahasa Jepang. Yang blom ke Jakarta nyebutin kesannya, yang pernah ke Indonesia recall that moment.

Sho disuru ke Indonesia bareng Arashi sama staf bandara Bali. Aiba dulu ke sini buat ngurusin binatang (mijitin komodo, mandiin gajah, main sama orangutan ROFL) dan dia bersyukur akhirnya KALI INI KETEMU SAMA MANUSIA. Geblek lu Aiba 🙂

aiba-masaki-2

whatsapp-image-2019-11-10-at-14.19.20

Nino kaget banyak yang nungguin di pintu hotel meski masih pagi. Jun bilang udah tahu ada banyak penggemar di Indo walau mereka belum buka medsos. NETIJEN INDO KAN BANYAK BAT u must have noticed us online pas stalking dulu kan, Jun.

5. The real deal. Mereka ngumumin soal medsos dan distribusi lagu secara online. Semua udah mereka sebut di Tokyo pada 3 November lalu, semua tertera sih di rilis yang gw dapat paginya.

Sebenarnya teman-teman ada yang bingung, ngira Arashi ke sini buat ngumumin konser. Ternyata enggak, beneran promosi medsos doang.………… Sampe ke empat negara. Yang diomongin sama. Tapi emang pengin ketemu fans juga walau sebentar doang. Tajir abis.

Pada bagian ini, mulai kelihatan kayak mahasiswa lagi mau presentasi. Setiap ada yang ngomong (Nino sih yang kedapetan banyak omong soal medsos), tiap anggota ngebalik kertas di meja. Karena gw udah dengerin yang di YouTube Live, fokus gw lebih pada ngeliatin mereka aja. MEHEHEH.

6. Tanya Jawab!
Gw udah angkat tangan tapi dicuekin. TAPI TAPI TAPI TAPI SHO NOTICE MY 5×20 BAG.

Jadi ada satu momen dia bilang, “Gue lihat di sini ada yang pake kaos kami (tunjuk belakang), ada yang pake tas (TUNJUK GUEE TUNJUK GUEEEEEE SOALNYA DI SITU YANG BAWA TAS KONSER CUMA GUE AJA KARENA ISINYA WARTAWAAAAN MANA ADA YANG BAWA PERNAK PERNIK). Gw enggak halu. Ada buktinya di video tangannya mengarah ke kamera gw.

I was like hsauhbajshvoidshurhjkasByf[omjckjwdvupsancw.

Pertanyaan pertama dari mbak Marketeers yang juga ngefans, sampe sempet “OMG” karena lupa mau ngomong apa. Hehehe. I feel you mbak.

Dia nanya alasan kenapa baru go global setelah 20 tahun, apakah ini langkah masuk ke pasar Asia Tenggara.

jun-matsumoto3

jun-matsumoto2

Abis itu mas-mas dari media mana lupa, nanya apa yang akan mereka lakukan setelah hiatus. Jawabannya masih sama kayak pas mereka preskon pengumuman hiatus. Lom kebayang. Nino bilang, kalau ada saran coba tulis di Twitter, mensyen mereka.

Pertanyaan terakhir dari Jakarta Shimbun. Arashi langsung kaget sekaligus senang ada wartawan dari Jepang, otomatis mereka langsung pada duduk mengarah ke si wartawan.

Wartawan itu pertama nyebut soal lagu Turning Up yang salah satu liriknya “Turning Up with the Jpop”, kemudian bilang kalau di Indonesia saat ini yang lebih berjaya ya Kpop, gimana pendapat Arashi tentang Kpop dan Jpop.

IMG_9193 copy

Gw langsung bilang ke Nisha, “REKAM REKAM REKAAAM BAGUS NIH”. Dari sisi penggemar, ada yang kesal karena mereka menganggap ngapain sih banding-bandingin Kpop ama Jpop?. Ada juga yang “of course Indo journalist asks about Jpop Kpop”. Yaelah.

Dari sisi awam, ini adalah pertanyaan lumrah. Coba deh lo sebut Super Junior dan Arashi di Indo, pasti orang lebih tahu Suju.

Sebuah hal yang wajar karena pendekatan promosi Kpop lebih edan daripada Jepang yang selama ini (khususnya Jonis) lebih fokus pada pasar domestik. Penggemar Jonis pun mainnya gerilya kan karena aturan ketat dari si agensi, butuh effort lah untuk menyukai mereka.

Wajar kalo orang nanya, “bedanya apa sih Jpop sama Kpop?”. Media kan nulis buat masyarakat luas.

Pertanyaan yang buat penggemar “ih sensitif banget, ih so rude” itu biasa aja buat orang awam yang gak tahu Arashi atau Jpop.

Gw seneng banget pertanyaan terakhir yang muncul tentang ini soalnya isu ini sudah lama menggelitik.

jun-matsumoto

(Beberapa tahun lalu, gw mencoba nanya ini ke orang kedubes Jepang yang promosiin Cool Japan tapi IMHO langkahnya gak jorjoran kayak Korea yang langsung ngeboyong artis-artis papan atas sampe orang Indo langsung kelepek-kelepek. Waktu itu dia gak mau menjawab sih, hahahah.)

Gw penasaran apa pendapat Arashi tentang Kpop berhubung sekarang kan mereka mulai menjejakkan kaki ke negara yang didominasi pencinta Kpop kan.

Walau Arashi gak bisa dibandingin sama Kpop, tapi gak ada salahnya mendengar langsung apa yang mereka pikirkan tentang hal yang mungkin banyak dipertanyakan orang-orang.

Sho dan Jun akhirnya menjawab secara diplomatis. Gpp, yang penting kita tahu gimana sudut pandang Arashi soal fenomena global itu.

Terakhir, Arashi jawab kemungkinan apakah para juniornya akan go digital juga. Duh, ternyata mereka kasus spesial aja karena mau hiatus jadi lebih leluasa. HAHAHA. Ayo Takki, bikin perubahan biar Jonis ga ekslusif sama fans Jepang doang.

IMG_20191110_091255
Arashi dan Kerudungku (yang belum disetrika)

Abis itu sesi foto-foto dan gw langsung melipir ke sebelah kiri panggung, deket banget sama Nino. Foto-foto jepret jepret terus Jun minta wartawan untuk agak duduk biar mereka bisa menyampaikan salam terakhir buat fans. UUUNCH! JUN!

Nino ngomong bahasa Indonesia berdasarkan petunjuk di prompter (iya gengs, di bawah panggung ada prompter tulisan katakana “kami sangat senang bertemu dengan anda”).

Lalu mereka menghilang ke balik panggung sementara gw ngerekam sambil ngejerit kecil manggil satu-satu, “Nino! Aiba! Jun! Ohno! Sho!”. Nino padahal udah jelas denger gw tapi dicuekin aja. Lagi-lagi, mungkin dia takut, ROFL. Sho yang terakhir keluar panggung, sempet membungkuk lama sementara gw teriak “SHOSHOSHOSHOSHO”. Nanti gw aplot deh videonya, suara gw gengges abis.

Keluar dari ruangan preskon, gw lihat Arashi masuk ke ruangan lain, kayaknya media interview sama entah siapa yang ekslusif (huh).

Terus kami diarahkan ke belakang lobi untuk melihat penggemar yang sudah ngantre mau lihat Arashi keluar.

Gebleknya, mobil van malah masuk ke area situ, menghalangi pandangan ke Arashi (harusnya Arashi bisa jalan kaki aja ke arah mobil, pasti gak akan rusuh), dan penggemar yang gak bisa liat mereka akhirnya merangsek sambil histeris.

Gak sebarbar itu sih, tapi ya kesannya barbar. Saking penuh, gw gak bisa lihat siapa-siapa selain Jun yang sempet jadi kenek, berdiri di pintu mobil untuk mengabadikan keriuhan itu.

matsumoto jun kenek

SAYANG BANGET VIDEONYA GAK DIAPLOT PADAHAL GW UDAH NGADEP LENSANYA SAMBIL TERIAK MATSUJUN.

Yah. Abis itu gw balik ke kamar, ngopi video dan foto sambil berusaha fokus bekerja. KERJA WOY KERJAA.

WhatsApp Image 2019-11-12 at 10.33.28
Geng Fangirl Mevvah

Hasilnya, tujuh artikel dan empat video yang diedit sendiri seharian meski hari itu libur. Seneng juga ngecek twitter, karena banyak yang sharing video dan foto, plus respons-responsnya yang seru. Aku senang bisa membantu kalian melihat kelima om-om ini lewat video.

Doa gw untuk bertemu langsung dengan Arashi dan wawancara (tidak langsung sih ya) akhirnya terkabul. Receh banget yak doanya, tapi Allah itu Maha Mendengar lho. Semoga masih ada kesempatan untuk wawancara one on one dengan Arashi tahun depan. Aamin!

WhatsApp Image 2019-11-12 at 10.34.01

Fangirl Achievement UNLOCKED.

Tinggalkan komentar