Secuplik kisah Asian Games 2018

Awalnya gw biasa aja ketika tahu didaftarin ke dalam tim peliput Asian Games 2018. Bukan kenapa-kenapa, emang gak terlalu ngikutin atau suka olahraga sih.

Mentok cuma tahu atlet bulutangkis Taufik Hidayat, kali terakhir keluarga masih suka nonton pertandingan bareng di TV. Sepak bola cuma tahu Irfan Bachdim. Kalau zaman dulu ya Ronaldo (bukan Christiano) soalnya pas piala dunia nonton bareng juga di rumah.

 

Penutupan-Asian-Games-020918-Ak-2
(Inasgoc)

 

Tapi belakangan jadi bersyukur sih karena banyak keuntungan dan pengalaman seru menjadi bagian dari pesta olahraga terbesar Asia di negara sendiri. Lagian belum tentu Indonesia kembali jadi tuan rumah selama gw masih ada di muka bumi. Ya terakhir kali aja di sini tahun 1962 kan, masa harus nunggu puluhan tahun?

Di luar gegap gempita pembukaan yang dipuji banyak orang (iya, emang bagus), ada cerita-cerita lain seputar Asian Games 2018, baik yang menyenangkan dan sebaliknya.

Selama dua pekan, gw merasakan seperti apa jadi anak kos. Nginep di hotel deket kantor demi memudahkan mobilitas. Apakah tinggal di hotel menyenangkan?

Tergantung.

Berhubung tidak ada pemanas air atau gelas, artinya kami tidak bisa… membuat mie. Yeah. Ini mah beneran anak kos, makan kudu jajan di luar. Artinya…boros. Yoi. Di luar hotel banyak banget sih tempat makan, tapi ya harganya lumayan bikin manyun kalau tiap hari jajan di luar.

Beruntung selama dua minggu itu kesehatan tetap terjaga meski teman-teman lain udah pada batuk-batuk. Padahal pola hidupnya juga rada gak sehat sih.

Pulang larut, tidur hampir selalu lepas tengah malam, pagi-pagi bangun untuk ngetik, siang berangkat. Udah bawa sepatu olahraga nih, kan hotel deket monas, pengennya sih sempetin lari-lari cantik.

CUMA WACANA.

Tetapi (hampir) setiap hari ke Senayan rasanya seperti olahraga (di sela itu gw sempat liputan TWICE dan ke Kalimantan ketemu orangutan). Soalnya gak semua pintu dibuka untuk umum, jadi harus jalan kaki jauh. Jangan lupa sengatan matahari yang super menyengat. Belum apa-apa udah penuh keringat.

FXFWE7106

Kan ada shuttle bus di dalam Gelora Bung Karno?

Yeah, right. Gak efektif sama sekali. Durasi menunggu bis lewat/bis kosong sama saja dengan jalan kaki dari FX ke JCC yang merupakan media centre. Masalah ini makin menjadi-jadi sih selama penyelenggaraan. Mendingan ngadain rental sepeda deh daripada ngantre bis cuma buat jalan seuprit.

Hari pertama penyelenggaraan, gw dan senpai yang tugasnya bikin serba-serbi harus standby untuk opening. Senpai masuk ke stadion, gw dari luar. Siangnya udah siap nih ngumpul di GBK, tetiba disuruh melipir dulu ke Kemenpora, ngeliput Joni si anak yang manjat tiang bendera pas 17 Agustus.

Raut segar langsung luntur setelah 40 menit jalan kaki bolak-balik tengah hari bolong dari GBK ke Kemenpora.

Malemnya nge-running berita opening, koordinasi sama senpai yang ada di dalam stadion. Akan lebih menyenangkan bila sudah dapat kisi-kisi bahan embargo sehingga bikin beritanya langsung crot crot crot kelar.

 

Penutupan-Asian-Games-2018-020919-ds-2
Menuju closing (INASGOC)

 

Nah ini panitia rupanya sangat senang merahasiakan ini dan itu. Padahal bisa loh bahan beritanya diembargo… Bahannya baru dikasih beberapa jam sebelum acara. Udah gitu masih ada kesalahan detil-detil, misalnya judul lagu X yang ternyata gak dinyanyiin.

Sebagai perbandingan, Jepang sudah membagikan buklet lengkap tentang Olimpiade 2020 sejak Asian Games 2018. Hahaha.

 

IMG_7148

Selesai opening, ternyata ada konferensi pers. Sekitar pukul 11 malam. Yo yo ayo, yo ayo yo yo ayo. Usai preskon kok teman-teman udah pada bubarrrr.

Ya untung saya nginepnya di hotel ya. Nienderella pulang dan langsung tidur lelap. Esoknya tentu saja langsung migren-migren karena kecapekan.

IMG_7184

Gw juga pergi ke museum untuk lihat pameran memorabilia Asian Games 1962 sampe ngulik-ngulik soal eSports. Bahan-bahan berita yang kurang penting tapi menarik, misalnya konser mini Se7en di panggung kecil Asian Games, juga jadi santapan saya.

Di luar itu, gw bertekad untuk mampir ke banyak venue, tapi pada kenyataannya hanya venue ber-AC yang betulan menarik hati. Warga Jakarta ga kuat panas karena tiap hari udah keringetan.

kevin marcus

Pertama, ke Istora untuk nonton final beregu putra Indonesia-China. Histeris luar biasa, maklum namanya juga baru sekali nonton langsung. Dan asyiknya tempat duduk gw strategis banget, persis di tengah, seberangnya VIP lah. Jadi kepala enggak pegal karena kita gak usah nengok-nengok jauh ke kiri atau kanan.

 

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia peraih medali emas Marcus F Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya (kedua kanan), peraih medali perak Muhammad Rian Ardianto (kedua kiri) dan Fajar Alfian (kiri) berpose usai mengalungan medali ganda putra Asian Games XVIII di Istora Senayan, Jakarta
Fajar- Rian- Kevin- Marcus All Indonesian Final (INASGOC)

 

Pernah juga sempetin main ke lapangan basket, eh tapi ada panggung gede buat kamera yang ngalangin bagian media. Jadi kalau telat masuk, ya udah lo cuma bisa ngeliat satu sisi lapangan doang. Dodol ye.

Nah, yang terakhir didatengin adalah Akuatik. Liputan renang ternyata enak banget. Jebur jebur jebur sekian detik langsung kelar hasilnya. Bisa langsung ngetik deh. Lah, kalo badminton lo beneran bisa duduk ampe pantat pegel baru kelar tuh pertandingan.

FYI yang final Indonesia – China itu berakhir hampir tengah malam. Gokiiiil. Gw beneran gak berani keluar istora karena takut tempat duduk yang sudah pewe diambil orang lain. Gak makan, gak minum, gak pipis.

Entah kenapa di akuatik para wartawan media asing nempelin stiker kantor mereka di meja-meja yang tersedia buat media. Jadi kalo pun mereka datengnya telat, kita yang udah duduk di situ bakal diusir.

Gw kan belum pernah liputan olahraga multievent kayak gini, jadi gak tahu apakah emang itu praktik yang sudah biasa. Intinya sih agak sebel juga diusir. Padahal di rumah sendiri. Mehehee.

Idul Adha juga bertepatan dengan penyelenggaraan Asian Games. Daaaan…. sebagian dari kami harus mencari atlet yang sholat Id.

Termasuk akyuuuu yang, seperti sudah dibahas di atas, nyaris gak kenal muka atlet zaman sekarang. Beruntung gw barengan sama senpai yang sudah lumayan makan asam garam di dunia olahraga.

Kalau sendirian, mungkin gw cuma bakal buang waktu karena gak bisa mengenali siapa pun. Senpai nemu aja loh Lalu Zohri sama Tontowi Ahmad (yang kemungkinan besar ga akan gw kenali di antara kerumunan).

Lalu siapa yang gw kenali wajahnya? Untung ada mbak Shahnaz Haque yang solat di Senayan sekalian mau beli tiket badminton. Fiuh! Nemu juga bahan berita T___T

 

IMG_7236IMG_7204

 

Di Asian Games, gw belajar tentang penyesalan. Jadi ceritanya sejak awal kita udah ke tempat suvenir. Waktu itu sih ngantrenya cuma 10 menit. Cuma ada segerombol orang di depan gw. Masih banyak banget suvenir, tapi gw dengan tegas bilang “ogah ah beli boneka, gak berfungsi, gw cari yang bisa dipake aja.”.

Jadi kita cuma beli sedikit tuh, enggak menyangka beberapa hari kemudian orang rela antre berjam-jam demi mendapatkan suvenir Asian Games. Tapi pertimbangannya kuat sih waktu itu, gak belanja soalnya BELUM GAJIAN. Ditambah honor Asian Games belum turun.

 

Selebrasi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie (kanan) dan pelatih tunggal putra Henry Saputra (kiri) usai menundukkan pebulu tangkis Jepang Kenta Nishimoto, pada pertandingan semifinal di Jakarta, Senin (27/8).
Sebelum Jojo minum Bejo (INASGOC)

 

Satu hal yang paling banyak diomongin, selain Suvenir, adalah Jojo buka baju. Iya, atlet badminton Jonatan Christie. Sebenarnya dari awal pas final beregu pun emang dia sering buka baju, biasanya setiap pergantian set.

Awal-awal beneran gak ada yang heboh. Mungkin karena penontonnya masih sedikit, atau blom ada tuh yang ngesyut terus aplot ke medsos terus jadi viral #jojobukabaju.

Ya, penonton (saya) hanya merasa seperti sedang melihat cuplikan konser K-pop atau J-pop saat summer di mana sang idol buka baju setelah bersimbah keringat joget dan nyanyi ngiterin panggung.

Eh, kok ternyata jadi rame bangeeeeet sampe ada pro dan kontra segala soal komentar-komentar di medsos. Terlepas dari itu semua, fans K-pop pasti udah biasa lah ya kalo idola kasih fanservice seperti itu.  (Secuplik penampakan yang heboh itu ada di video di bawah ini).

Tapi gak semua orang berpendapat sama. Teman-teman gw yang liputan renang sudah terpapar standard tinggi mengenai otot. Atlet renang kan bahunya bidang banget ye, berkat latihan kecipak kecipuk. Kehebohan di istora ternyata itugak ngefek buat mereka.

 

Oiya, di media centre tuh selalu ada makanan yang menunya ganti-ganti setiap hari. Dari hamburger, pasta, soto sampe nasi briyani. Katanya sih acara serupa di negara lain biasanya gak pernah nyediain makanan. Itulah mengapa media centre ini rame terus sama wartawan, ada makanan gretongan!

Itu soal gratis, tapi soal rasa, lain lagi ceritanya. Hambar! Mungkin udah disesuaikan sama selera wartawan-wartawan asing, tapi ada sih beberapa makanan yang enak, misalnya ayam serundeng, pasta dan arem-arem isi cabe rawit. Sisanya? Yah, bersyukur aja ente udah dikasi makan kaga perlu bayar.

Lucunya juga, indomie sebagai sponsor menyediakan banyak mie instan di rak yang bisa diambil secara cuma-cuma. Ya tapi gak ada tempat buat masak juga… kecuali mau digigitin mie mentahnya. Mau bawa ke hotel juga gak ada pemanas, mau masak di mane?

Selain itu ada juga kulkas-kulkas kosong karena bila diisi minuman-minuman botol, niscaya langsung menghilang dalam hitungan detik. Ya diambil wartawan, ya diambil volunteer.

Di sini gw merasa sudah termanjakan dengan media centre di acara-acara otomotif yang makanan dan minumannya hampir tak pernah kosong. Malah di GIIAS kemarin ada kedai kopi yang diboyong langsung, jadi bisa request latte yang fresh, gak botolan. Ampe gak bisa tidur deh gw saking kebanyakan minum kopi di sana.

Closing-Ceremony-Asian-Games-2018-020918-why-18Closing-Ceremony-Asian-Games-2018-020918-why-26iKon-020918-pus-1

Berhari-hari nonton badminton dan atlet, tiba juga ke penutupan Asian Games. Sebagai satu-satunya penikmat K-pop di tim peliputan, kesempatan menonton langsung Super Junior dan iKon di istora jatuh padaku. Asyiiik.

Sungguh, Super Junior itu bagaikan mantan yang ternyata belum tuntas di hati. Sudah dilupakan, tapi pas ketemu lagi kok ada perasaan tersisa. Begitulah perasaan gw melihat mereka menampilkan Sorry Sorry dan Bonamana. Berasa balik ke masa kuliah.

Sebelumnya kan udah ada berita heboh Siwon asyik joging di daerah Sabang ya, deket kantor, itu dijamin banget lewat depan hotel tempat gw menginap. Tapi dasar gak jodoh, pas dia lagi joging, gw lagi bersama orangutan di Kalimantan. Huks!

Ya tapi namanya juga kerja ya, beda sama nonton konser. Di sekitar gw pada dieeeem aja pas iKON sama Suju lagi tampil. Atulah kaga ada yang ikut joget dan nyanyi-nyanyi, gw doang. Huhuhuhu.

Yang paling bikin kaget justru bukan soal K-pop, tapi lagu-lagu India sontreknya Kuch Kuch Hota Hai! Ah gilaaaa… kali ini nostalgianya ke zaman SD. Denada keren euy!

Terlepas dari segala kekurangan yang semoga akan terselesaikan bila Indonesia kembali jadi tuan rumah untuk acara serupa, ternyata sedih juga lho begitu menyadari Asian Games 2018 betul-betul selesai.

Kalau begitu, kita nantikan Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032?

Siapa tahu keinginan negara terkabul, siapa tahu gw masih sehat, siapa tahu masih jadi wartawan, siapa tahu bisa ketemu dan kerja bareng Sho (dia gak datang ke Asian Games). Aamin!

uber4871.jpg

Tinggalkan komentar