Tips Traveling ke Jepang – Pocket Wifi atau beli Simcard?

Wifi, satu hal terpenting saat melancong, terutama di Jepang di mana enggak semua orang bisa bahasa Inggris dan jalur keretanya kadang memusingkan.

Selama ada wifi, power bank dan duit, gw akan merasa baik-baik saja saat nyasar karena bisa mencari jalan pulang, saat kehabisan duit dan mau cari ATM di 7-11, saat lupa arah ke stasiun jadi bisa buka google map, saat kelaparan dan ngecek di mana restoran terdekat, dsb.

Masa sih enggak ada free wifi di Jepang? Memang ada di stasiun-stasiun dan beberapa tempat umum, tapi tidak sebanyak yang gw bayangkan sebelumnya di mana Jepang punya kesan negara maju di mana free wifi bertebaran.

Pocket Wifi atau Simcard?

 

pocket-wifi
dari jrailpass.com

 

Pocket wifi bisa dipakai buat rame-rame karena satu pocket wifi bisa tersambung ke beberapa perangkat. Ketika jalan-jalan bertujuh, kami pesan dua pocket wifi biar bisa misah jadi dua rombongan. Minusnya, harus terus dicas setiap hari. Pakainya ngirit ya, nyalain kalau lagi butuh aja biar bisa awet seharian.

Simcard cocok buat pelancong solo yang enggak mau ribet ngecas banyak device. Kalau butuh yang murah dan buat seperlunya, bisa beli Japan Welcome Sim .

Simcard itu khusus buat turis asing dengan masa berlaku maksimal 15 hari. Ada banyak pilihan harga, semakin mahal kuota semakin besar.

Screen Shot 2018-05-13 at 9.08.02 AM

Paket Plan S harganya 1080 yen dengan kuota internet cepat 0 MB, Plan M harganya 1836 yen, Plan L harganya 2376 yen, di beberapa tempat bahkan bisa 0 yen. Bayarnya pake kartu kredit, tempat ngambilnya milih sendiri (biasanya di bandara).

Kita juga bisa dapetin bonus kuota lewat isi kuesioner atau nonton video iklan.

Gw udah pake dua kali Japan Welcome Sim dari Docomo. Pertama, waktu kerja di Tokyo dan extend 4 hari.

Selama kerja ada pocket wifi, jadi gw cuma butuh internet buat 4 hari doang. Mau sewa wifi dari Jakarta bisa sejuta lebih karena diitungnya kan dari gw berangkat sampai pulang, Simcard di travel agent juga kemahalan. Gw pilih yang Plan S dengan bonus kuota 300 MB hasil nonton iklan dan isi kuesioner.

Ternyata gw bisa bertahan pakai 300 MB itu untuk 4 hari, tapi pas hari terakhir kuota untuk internet cepat habis dan internetnya jadi lemoooooot. Bahkan buka google maps pun lama.

Berangkat dari pengalaman itu, gw membeli paket lebih besar, yaitu Plan M untuk perjalanan bulan lalu. Gw cuma pergi seminggu dan bisa nebeng pocket wifi punya teman seperjalanan.

Tetapi ternyata gw make internet sendiri lebih sering dari dugaan, udah gitu pake baca webtoon selama perjalanan di shinkansen dari Kanazawa – Tokyo. Salah sendiri ya, begitu hari terakhir di Tokyo ini simcard kembali lemooooot.

Ada harga ada kualitas dan kuantitas, kalau bawaannya pengen apdet Instagram mendingan pocket wifi aja. Tapi kalau mau beneran ngirit atau bisa pinjam pocket wifi dari Airbnb, sila coba Japan Welcome Sim.

Ada beberapa pilihan kalau mau sewa pocket wifi atau beli simcard.

Sewa di Indonesia

Banyak agen wisata yang menyewakan pocket wifi, pilih aja mau sewa dari mana. Pastikan cari-cari review orang yang udah pake biar tahu kualitasnya, jangan sampai udah di Jepang terus ngadat ya.

Ada travel agent yang ngasih pocket wifi sejak di Indonesia, ada juga yang ngirim langsung ke penginapan kita di Jepang.

Kalau kita bawa dari Indonesia, berarti harus nyempetin waktu buat ngebalikin lagi (di mana ada batas waktu, misalnya maksimal dua hari setelah pulang ke Indonesia).

Sementara kalau dikirim langsung ke penginapan bisa jadi ngebalikinnya cukup ditaro ke kantor pos atau ada tempat tertentu di bandara.

Sejauh ini gw selalu nyewa dari Indonesia di agen wisata yang lokasinya di FX. Tapi ada banyak pilihan kok, cari-cari sendiri aja mana yang sesuai di kantong.

Sewa di Jepang

Di bandara banyak konter untuk sewa pocket wifi dan sim card.

Pinjem Airbnb

Ada Airbnb yang menyediakan pocket wifi gratis! Ini bisa sangat dimanfaatkan, apalagi buat rombongan banyak orang. Ketika pergi bertujuh, kami bisa pergi jadi tiga grup setelah ada pocket wifi gratisan. Ketika pergi berdua, bisa pisah sejenak tanpa was-was karena masing-masing bisa konek internet.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s