Tiga Dara VS Ini Kisah Tiga Dara

ini_kisah_tiga_dara

tiga_dara_2819562c_obverse2c_wiki29

Nia Dinata bilang salah satu perbedaan mencolok dari Ini Kisah Tiga Dara adalah perangai si bungsu. Mengutip langsung kata sang sutradara, karakter Bebe dalam filmnya itu “liar banget”.

Pertama, nonton dulu Tiga Dara versi restorasi. Gw ngajak bokap dan nyokap yang di dalam bioskop sering banget ngetawain adegan kocak di film lawas itu.

“Bodor pisan,” kata nyokap.

Sayangnya “Ini Kisah Tiga Dara” tidak tayang di bioskop dekat rumah, jadi gw curi-curi waktu nonton pas kelar liputan.

Karakter

-Anak pertama, Nunung (Chitra Dewi) dan Gendis (Shanty), adalah tipikal cewek kaku yang nyolot sama lawan jenis.

Nunung kelihatan banget jadi pengganti ibu buat adik-adiknya. Penuh pengorbanan seorang kakak. Anak rumahan. Ketimbang pesta, lebih baik masak.

Gendis juga jago masak, tapi dia jadi koki di hotel butik milik bapaknya. Eh, dia juga co-founder ding. Istilah zaman sekarang, perempuan independen.

-Anak kedua, Nana (Mieke Wijaya) dan Ella (Tara Basro) perangainya centil, genit serta menawan.

-Anak ketiga, Nenny (Indriati Iskak) dan Bebe (Tatyana Akman). Si bungsu yang jahil, bebas, santai… Nenny yang iseng dan punya ide-ide konyol demi mensukseskan kisah asmara kakaknya membuat penonton tertawa. Nenny-Bapak = Duo Ngocol.

Bebe juga santai dan bebas… Bebasnya ini nyangkut juga ke pergaulan. Bocah 19 tahun kecipak-kecipok-ke kamar-kelonan-di kasur…. Pokoknya kalau nyokap-bokap gw nonton dijamin mereka sontak beristigfar.

-Nenek. Orang yang paling khawatir karena cucu-cucunya belum ada yang kawin. Titiek Puspa membuat peran nenek jadi sangat lebay, centil dan lucu banget!

-Bapak. Keduanya sama-sama selow meski putri-putrinya jomblo. Bapak di “Tiga Dara” lebih kocak, sementara di “Ini Kisah Tiga Dara” lebih drama. Sesuai sama genre film masing-masing.

FASHION

Baju-baju zaman “Tiga Dara” itu modern di masanya. Nunung yang lebih konservatif dan dewasa memakai kebaya, sedangkan adik-adiknya pakai gaun vintage yang gw penasaran banget bakal secakep apa kalo filmnya berwarna. Hitam putih aja kece!

Jangan tanya gimana kerennya baju-baju di “Ini Kisah Tiga Dara”. Bagus bagus semuaaaa! Bisa deh dicontek tuh model kebaya sama tenunnya buat kondangan.

PLOT

 

Gw sih sangat menanti mana adegan-adegan yang terinspirasi dari Tiga Dara.

Begitu Gendis ketabrak motor gedenya Yudha (Rio Dewanto) di pasar, gw langsung “aha!”. Di Tiga Dara, Nunung ketabrak skuter Toto di pasar. Keduanya langsung ngamuk sama yang nabrak. Shanty galaknya dapet banget. Bedanya, Nunung balik naik becak, Gendis cus naik mobil.

PRIA

Kakak beradik Tiga Dara terpaksa harus rebutan nih karena cowoknya cuma dua orang. Sementara di Ini Kisah Tiga Dara cowoknya ada tiga. Ganteng-ganteng semua. Ya dipilih-dipilih bu… Mau yang macho, mau yang rada kalem/geeky tapi pas buka baju juga macho, apa yang blasteran…

Yang jadi tambahan adalah Erick, pacarnya si Bebe. Di film sebelumnya, Nenny cuma melintah aja sama Herman (Bambang Irawan) yang cinta mati sama Nana.

Begitu Herman berhasil merebut hati Nana, dia juga santai aja, padahal tadinya Nenny-Herman sempet tamasya bareng dan nonton pelem.

Penyakit friendzone yang diderita Bima (Reuben Elishama) sama seperti yang dialami Herman. Caranya Bima lulus dari gelar friendzone ada di video klip di bawah ini. Duh yang kayak Bima ini nih tipe akoooooh *lap iler*.

 

Kesimpulan gw, kedua film ini menghibur banget, apalagi itu Maumere cakepnya luar biasa. Mungkin bentar lagi jadi tempat liburan mainstream yang hashtag-nya bertebaran di Instagram.

Kira-kira 60 tahun lagi persoalan perempuan-tak-kunjung-kawin masih ada enggak ya?

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s