Jalan Jalan Korea – Han River & Songdo Central Park (Day 2)

Cuaca akhir April di Korea Selatan, berkisar belasan derajat celcius, itu menyenangkan bagi anak tropis yang tiap hari berkeringat. Lagi-lagi mengandalkan lemak, jadi gw hanya mengenakan sehelai kaus tebal-tebal-nanggung yang kalau dipake di Jakarta, pada komentar “Lo enggak gerah?”.

Hari kedua di Korea adalah waktunya benar-benar menjajal solo traveling. Angga harus jemput Ati di bandara, lalu gw akan janjian sama Ati sore-sore. Jadi gw punya waktu setengah hari untuk menikmati kesendirian.

Perjalanan naik subway ke Hangang alias sungai Han lancar tanpa nyasar. Cuma, mengingat saat itu akhir pekan, keretanya penuh. Eh tapi penuhnya masih manusiawi, masih bisa permisi-permisi. Jangan bayangkan penuh ala kereta Bogor ke Kota Senin pagi yang masuknya pakai kekuatan dorongan pantat biar ibu-ibu di gerbong wanita mau geser.

Yeoido Hangang Park jam 10 pagi masih lengang. Hanya ada satu geng Malaysia yang bawa perlengkapan piknik (sementara modal gw hanya onigiri dan kimbab beli di stasiun), turis-turis Jepang yang berseliweran naik sepeda, sama sekelompok anak muda yang sepertinya kerja sosial memunguti sampah di taman. Pantesan bersih!

Dikutip dari laman Visit Korea, ini fasilitas yang ada di Yeoido Hangang Park: Water Light Square, multi plaza, Yeoui Madang, Beodeul Square, Folk Madang, grass field, children’s playground, duck boat, Yacht Marina, waterside stage, waterside fountains, cruise dock, bike rentals, etc.

Ada yang bayar, ada yang gratis, tergantung gaya liburan Anda. Segala permainan air dan apa pun yang ada namanya Cruise itu bayar. Kalau sendirian enggak seru ah, jadi gw pilih yang murah meriah saja: sepeda.

Sewa satu sepeda 3.000 won per jam, kalau terlambat per 15 menit ada tambahan biaya. Depositnya ID Card, jadi gw kasih KTP deh. Tadinya optimis mau muterin ini taman, tapi ternyata luas banget, kayaknya enggak cukup sejam, jadinya gw muter balik dan menyusuri sebisanya dalam satu jam. Sepeda gw balikin nyaris telat 15 menit, tapi ternyata enggak didenda. Yuhuuu. Saatnya mencari air gratis!

Kalau di Singapura gw mengisi ulang air ke masjid-masjid, di Korea cari aja taman atau stasiun yang gede, biasanya ada water fountain. Makanya, jangan lupa bawa botol kosong!

Semakin siang, taman ini makin ramai orang-orang. Meski matahari terik, cuacanya sejuk, enak banget buat piknik. Tapi gw sudah mulai bosan, nyesel enggak bawa novel jadi bisa baca-baca syantiik, dan memutuskan ke lokasi selanjutnya: Songdo Central Park.

www.GIFCreator.me_63sSXx

Tri Bowl, Songdo Central Park

Perjalanan ke Central Park dibumbui dengan adegan nyasar. Jadi, jalur subway tertentu itu ada yang bercabang. Gw kan naik aja yang penting jalurnya sesuai sama petunjuk di apps subway Korea. Pas lagi dengerin pengumuman lokasi pemberhentian, kok namanya enggak familier sama rute yang bakal dilewatin. Ibaratnya dari Kota mau ke Bogor tapi kok sampenya ke Palmerah. Turun deh, bertapa dulu melototin apps, kembali ke jalur yang benar sambil mastiin setiap stasiun yang dilewati memang menuju Songdo.

DCIM123GOPRO

Peta Songdo Central Park

Taman keren yang letaknya dekat sama apartemen kembar tiga ternama, Daehan-Minguk-Manse, ini emang keren. Kalau rumah gw deket, kayaknya tiap sore bakal leyeh-leyeh di Central Park. Denger-denger Songdo emang kawasan elit, makanya enggak heran fasilitasnya pun ciamik. Ya iyalah, sepanjang mata memandang isinya apartemen mewah, hotel, sama mal gede. Enggak ada tuh warung yang jual sayuran atau buah-buah (di Juan atau daerah Inha banyak).

Ini Juan, banyak warung

Di Central Park ada bangunan Tri Bowl (bentuknya kaya tiga mangkuk kalo dari jauh kali ya, dari dekat sih gw agak bingung ini bangunan apa), lapangan bola, lapangan rumput (ada yang pasang tenda), sungai (atau danau?) tempat naik kano, kapal mini, restoran, coffee shop (Ati pengen ke sini tapi gw ingin menjaga 3000 won baik-baik demi kepentingan yang lebih urjen:makan), tempat main bocah, rabbit island (lebay sih, rabbit park baru cocok), rusa-rusa, saung ala Korea, dsb.

Yang paling menarik adalah perpustakaan berbentuk boks telepon umum! (Sila lihat di salah satu kumpulan foto di bawah) Pengen lihat isinya tapi di dalamnya lagi ada seorang bapak dan balita. Mungkin banyak buku anak-anak kali ya.

ezgif.com-optimize

Kemudian, kami dijemput sama Angga dan om roommate menuju ke Inha untuk makan malam! Menunya adalah masakan rumah yang biasa gw lihat di variety show: tuna chigae, bibimbab, ayam, ikan, duh apa lagi ya, banyak deh.

Tadinya gw suuzon kimchi itu rasanya enggak enak, berdasarkan pengalaman makan di menu kondangan. TERNYATA KIMCHI ENAK LOOH! Sama seperti sambal, rasa kimchi sangat bervariasi. Kebanyakan yang gw coba di sini sih enak, segar! Tak lupa acar lobak yang selalu digadoin sampe nambah mulu. Biasanya side dishes seperti kimchi atau acar itu bisa nambah sepuasnya, sama kaya air minum. Jadi, keluarkan botol kosongmu, lalu isi ulang di restoran yang kau datangi #tipshemat.

Tuna chigae itu salah satu makanan dasar yang wajib ada di tiap rumah (sepertinya). Soalnya kalo nonton We Got Married pasti salah satu peserta akan bikin kimchi chigae  (sop kimchi) buat pasangannya. Tuna chigae ini ya kimchi chigae tambah tuna. Sop ini enak banget dimakan pas cuaca lagi dingin! Biarlah tak ada sekoteng, daripada minum bir lebih baik nyeruput tuna chigae tambah nasi. Hangat dan kenyang.

IMG_4801Om rommate pulang dengan mobilnya, kami bertiga lanjut berkaraoke alias norebang. Menurut Angga, kualitas suara karaoke di Korea jauh lebih bagus dari Indonesia. Ah, masa sih? Ternyata bener! Musik menggelegar hingar bingar serasa di panggung Indonesian Idol. Tempat karaoke yang kita datangi ini kayak vending machine, jadi masukin duit sekian untuk beberapa lagu atau sekian jam. Enakan yang sekian lagu sih, karena kita enggak buru-buru karena dikejar waktu.