Jalan Jalan Jogjakarta



  
  
  

Didorong nostalgia remaja di Malioboro bertahun-tahun lalu, gw selalu penasaran seperti apa Jogja saat ini. Masih kah sama seperti yang terpatri dalam ingatan gw lebih dari satu dekade silam?

Beberapa tahun lalu gw sempat nyaris bertualang ke Jogja (hampir) gratis. Eh, ketinggalan pesawat. Wakwaw. Jangan sepelekan kemacetan Jakarta saat siang dan jangan malas berangkat jauuuuh sebelum pesawat lepas landas.

Keinginan main ke Jogja terkabul sebulan lalu saat bocil-bocil berencana ke sana. Tadinya gw tidak ikut mengingat jadwal kerja yang gak tentu seperti jadwal menstruasi anak baru puber. Setelah melihat-lihat jadwal dan menggabungkan jatah libur lebaran yang belum terpakai, nampaknya bisa meramaikan rombongan nih.

Berangkat naik kereta dari Gambir. Pertama dan terakhir kali naik kereta jauh itu sekitar kelas 1 SMP waktu mau ke Surabaya. Baru ngerasain enaknya jalan jauh tanpa kena macet. Kalau kali berikutnya jalan-jalan sendiri naik kereta, gw akan bawa bekal makanan yang enak seperti hokben atau KFC karena seenak-enaknya makanan yang dijual di kereta, lebih enak junk food ayam suntik, nyehehe. Kecuali ekiben (bento di stasiun kereta) pas di shinkansen ya… beda level, huks huks.

Perjalanan sekitar delapan-sembilan jam dilalui dengan stok film dan variety show yang khusus dimasukin ke hape biar gak bosen di jalan: Totoro, Nausica and Valley Wind, plus 2 Days 1 Night.

Sampe Jogja, makan soto terkenal yang ada di dekat stasiun Tugu, lalu cus ke Gunung Kidul.

Hari 1: Goa Rancang Kencana – Air Terjun Sri Gethuk

Sri Gethuk mengingatkan gw pada Green Canyon, tapi lebih sepi aliran airnya dan pengunjung juga sedikit, mungkin karena kami datang pas hari anak-anak sudah mulai sekolah. Enaknya ke sini sama temen-temen, naik rakit ke air terjun, nanti pulang ke dermaga berenang (pake pelampung) deh. Segar!

Hari 2: Goa Pindul – Malioboro

Kalau mau ke Goa Pindul, datanglah pagi-pagi saat belum banyak orang yang datang. Bagian terbuka goa di mana sinar matahari menyoroti sungai yang mengalir di bawahnya… cakep. Foto kamera nggak bisa menyaingi  keindahan yang dilihat sama mata kita sendiri. Kalau bepergian setidaknya ada satu fotografer biar kita bisa banci pose sana-sini tanpa repot bawa kamera *brb cari lakik yang jago moto*. Berenang-renang di sungai dalam Goa Pindul juga syeger aneeet, asik adem tanpa kaporit. Rasa dingin dilibas dengan segelas (oke, gw ambil tiga gelas) wedang jahe cuma-cuma yang disediakan penyelenggara tur.

Beberapa jam selanjutnya dihabiskan dalam menempuh perjalanan ke Jogja. Sesampainya di hotel, bocil-bocil berenang dan malamnya kami muter-muter naik becak bermotor. Sayangnya rekomendasi makanan yang gw dapat terlalu jauh untuk ditempuh dengan becak jadi akhirnya kami makan mie tek-tek deket hotel.

Para orang tua dan anak-anak udah teler, jadi gw memutuskan jalan sendiri menyusuri Malioboro yang tetap ramai padat ya… Di jalan ngeliat ada geng motor, salah satu anggotanya lagi muntah, tampaknya karena kebanyakan minum alkohol. Sembari napak tilas, kenangan-kenangan merah jambu yang tersembunyi di sudut ingatan perlahan menguap. Sekarang kau rasanya tidak seromantis itu, wahai Malioboro! :p

Hari 3: Tur Merapi

1,5 jam naik jip menuju tempat-tempat penuh debu di Merapi sembari mendengar cerita dari pemandu saat Merapi meletus. *merinding*

Lalu pulang lagi naik kereta malam, rupanya dikasih selimut ya di kereta eksekutif? Gaul anet. Tapi sayangnya lampu kereta nggak dimatiin jadi mau tidur pulas pun sulit. Sebenarnya sulit karena suara ngorok di belakang bangku gw super dahsyat gitu sih. Fufufu. Mungkin dia lelah.

Baiklah, masih ada peer nulis pengalaman di Sumba yang udah berbulan-bulan lalu, arghhhhh.

Iklan

Satu pemikiran pada “Jalan Jalan Jogjakarta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s